Translate / Pilih Bahasa :

Rabu, 11 September 2013

Tips dan Cara Mudah Bersihkan Super Kips Kawasaki Ninja 150 RR Dengan Cutter

Tips dan Cara Mudah Bersihkan Super Kips Kawasaki Ninja 150 RR Dengan Cutter ---Bagi kamu yang pernah membongkar mesin sepeda motor Kawasaki Ninja 150 RR atau pun 150 R mungkin pernah mengalami sedikit kesulitan ketika hendak membersihkan bagian Super Kipsnya.
Tips dan Cara Mudah Bersihkan Super Kips Kawasaki Ninja 150 RR Dengan Cutter
Namun kamu tidak perlu khawatir, karena dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi tips untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu RR Dengan Cutter, berikut informasi lengkapnya untuk kamu.

Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) berfungsi sebagai tutup-buka sebagian lubang exhaust. Membuka ketika putaran mesin 7.000 rpm dan menutup di bawah 7.000 rpm. Agar enggak mudah aus karena gesekan, Kawasaki memberikan pelumasan berupa oli.

Tapi, oli yang berasal dari oli mesin terkadang malah menghambat fungsi Super KIPS, karena oli bisa mengendap di sela-sela KIPS sehingga ogah muter dan bisa terkunci dalam keadaan membuka atau menutup. Akibatnya enggak enak di rpm tertentu, artinya harus dibersihin.

Selain akibat oli mengendap, lapisan seperti cat emas yang terdapat di KIPS bikin macet juga, mending dibersihkan pakai cutter. Untuk membersihkan KIPS bisa tempuh dua cara, ditodong alias ketika blok silinder masih nempel atau bongkar sekalian dengan silindernya. Biar enggak buka silinder, ditempuh cara todong saja.

Buka 2 baut cover KIPS dan jangan lupa buka baut tiang KIPS yang menuju ke bak kopling menggunakan kunci pas 10, agar KIPS bisa dicabut. “Untuk buka baut di tiang KIPS berbalik arah seperti mengencangkan baut.

Agar mudah mengambil KIPS, arahkan dudukan baut KIPS ke depan agar ruang congkel luas. Lalu congkel menggunakan obeng min. Lakukan di kedua KIPS. Setelah tercabut, bersihkan kotoran yang berada di luar menggunakan tinner.

Untuk membersihkan sela-sela di KIPS, lebih mudah menggunakan cutter. Arahkan mata cutter di sela-sela bagian atas KIPS yang biasanya banyak kerak oli, lantas diputar. Dengan begitu kerak bisa terangkat. Jangan lupa bersihkan lapisan cat agar KIPS bekerja maksimal.

Setelah bersih, pasang kembali. Untuk membantu memasukkan KIPS bisa pakai palu. Tapi, jangan lupa, saat pemasangan posisi KIPS harus seimbang, kalau miring bisa enggak mau muter. Perhatikan juga KIPS harus dalam keadaan top alias titik ketemu titik. Karena Super KIPS juga punya kondisi top. Lanjut pasang cover KIPS dan komponen lain, juga fairing.

Agar pembersihan maksimal, mending tempuh buka silinder. Karena rumah KIPS biasanya kotor. Tahap ini memang termasuk servis besar, tapi maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Articles (See too) :