Translate / Pilih Bahasa :

Jumat, 23 Agustus 2013

CARA MENYETEL LAHAR RODA MOBIL DAN MOTOR



Menyetel laher roda itu harus pas momen kekencanganya, dalam artian tidak terlalu keras atau longgar. bila terlalu keras, putaran roda akan seret dan akan mengakibatkan laher roda tidak awet juga panas, dan bila terlalu longgar roda akan goyang yang akan mengakibatkan kemudi tidak stabil juga bisa membuat rem panas karena disc brake maupun tromol akan miring.

Cara menyetel laher roda itu mudah, hanya kita harus tahu bagaimana caranya. nah disini saya akan berbagi cara menyetel laher roda yang bisa saya praktekan dalam pekerjaan saya.

  • untuk jenis laher roda seperti gambar dibawah ini, diperlukan momen/kekencangan yang pas :



caranya : kencangkan mur setelan sampai putaran laher agak seret kemudian kendurkan sedikit2 ( per satu lubang untuk lubang pin pengunci ) sampai laher agak terasa goyang ( goyang2kan ) ini berarti laher longgar dan kencangkan kembali per satu lubang pin sampe ketemu yang tidak goyang. itu berarti pas. 

  • untuk jenis laher roda seperti gambar dibawah ini :


untuk tipe ini, tidak diperlukan setelan seperti tadi, anda tinggal kencangkan saja, putar saja jangan sampe seret. kalo untuk sepeda motor ato mobil seperti carry extra bila dikencangkan roda malah seret, itu berarti bos penahan antara laher dengan laher ( bos tengah ) terlalu pendek / kurang panjang. cara mengatasinya, anda tinggal mengganjalnya dengan ring yang diameternya sama dengan bos tadi.

sekian dan terimakasih ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Articles (See too) :