Translate / Pilih Bahasa :

Jumat, 23 Agustus 2013

CARA MENINGKATKAN TENAGA MESIN



Kebanyakan mobil telah memiliki spesifikasi tenaga mesin standar. Namun, Terkadang sebagian pemilik mungkin ingin meningkatkan tenaga mesin untuk memenuhi kebutuhannya.


Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk meningkatkan tenaga mesin.

1. Mengganti Chip ECU

Pemilik dapat mengganti chip ROM dalam engine control unit (ECU) untuk meningkatkan tenaga.hal ini akan efektif jika disertai dengan modifikasi lainnya seperti dalam masukan udara (air intake) dan sistem pembuangan.

2. Modifikasi Sistem Pembuangan/Knalpot

Mengganti sistem pembuangan dengan jenis free flow dengan pipa besar sehingga mengurangi hambatan sitem pembuangan sisa pembakaran bisa meningkatkan horsepower mesin.

3. Memasang Turbocharger atau Super charger

- Turbocharger

memanfaatkan sisa gas buang hasil pembakaran di mesin untuk memutar kipas atau turbin di dalam rumah turbocharger . Hanya, peranti ini memiliki kekurangan  yaitu turbo-lag atau keterlambatan reaksi karena terdapat  jeda waktu ketika pedal gas di tekan  hingga tercapai tekanan gas buang yang besar untuk memutar turbin, tapi akan maksimal pada putaran tinggi karena putaran turbin turbo bisa melebihi  rpm mesin karena perangkat ini tidak terhubung dengan putaran mesin. 

Biasanya, turbocharger payah saat di putaran mesin rendah, tapi maksimal pada putaran tinggi. pabrikan saat ini menggunakan dua unit turbo kecil  dan multi katup, sehingga meski di tekanan  udara rendah sudah bereaksi,” 

- Supercharger

 Mekanisme kerja supercharger mirip dengan turbocharger. Hanya, supercharger tidak digerakan oleh gas buang tapi oleh putaran mesin, jadi kesenjangan atau jeda  waktu antara tekanan pedal gas yang mendorong udara ke silinder seperti pada turbocharger tidak akan terjadi. karena putaran supercharger sama dengan putaran mesin.

Lantaran itulah, supercharger mampu mendongkrak tenaga mesin baik di kala putaran mesin rendah maupun tinggi. tapi tidak akan melebihi putaran mesin seperti turbocharger.

4. Memasang Inter cooler

Dinginkan udara yang masuk ke ruang bakar dengan perangkat intercooler. kepadatan tekanan udara akan mengakibatkan panas yang berakibat udara memuai dan kerapatan molekul udara berkurang. dengan memasang intercooler udara yang masuk didinginkan lebih dulu. 

5. Mengurangi Berat Mobil

Beban yang terlalu berat akan memperlambat laju kendaraan. Namun, tidak berarti Anda harus melepas komponen atau bagian mobil. Tujuan ini bisa dicapai dengan mengganti sebagian komponen dengan bahan yang lebih ringan. atau jangan membawa barang yang tidak diperlukan

6. Saringan Udara (Air Filter)

Saringan udara membantu menghilangkan partikel padat seperti debu, dll sebelum memasuki silinder. Ukuran saringan udara yang lebih besar memungkinkan lebih banyak udara masuk ke mesin.

7. Busi dan Bahan Bakar

Busi iridium akan membuat mobil berjalan lebih cepat karena menghasilkan pembakaran bahan bakar secara lebih sempurna. Pilih pula bahan bakar dengan oktan tinggi serta bebas timbal.

8. Pelumas

Jangan lupa juga dengan yang satu ini, semua langkah di atas tidak akan sempurna jika sistem pelumasan kendaraan anda tidak dilumasi oleh pelumas yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Articles (See too) :