Ini dari pengalaman waktu mobil saya sering mengalami temperatur tinggi terutama pada saat kemacetan lalu lintas. Pengisian air dalam keadaan mesin kendaraan hidup dan temperatur mesin tinggi/ overheat.
Ambil kain lap kanebo, dan juga siapkan 3 botol plastik aqua 1,5 Liter
Basahi dengan air, jangan diperas
Siap menutup dengan kain kanebo, tutup radiator
Kain kanebo sudah menutupi tutup radiator, yakinkan kanebo sudah menutup baik, untuk menghindari semburan uap panas
putar sedikit tutup radiator, sampai muncul semburan uap panas
angkat buru-buru tangan dari tutup radiator.., biar ga kepanasan ^_^
Setelah uap panas mereda/ hilang, putar sedikit lagi tutup radiator, lakukan dengan perlahan, sampai muncul lagi uap panas yg keluar.
Buru-burulah angkat tanganmu, biar tak terkena uap panas.
Setelah tak ada uap panas yg keluar, putar tutup radiator secara perlahan dan hati-hati
bukalah tutup radiator
Secepatnya isikan air radiator dengan memasukkan moncong/ ujung botol aqua langsung kedalam lubang pengisian radiator
Tampak dari samping
Seperti inilah cara mengisi airnya, jangan takut bila dibotol aqua menggelegak saat pengisian
Bila air di botol habis, gantilah secepatnya dengan botol yg terisi penuh. Lakukan terus setiap botol kosong. Biasanya memerlukan sekitar 2,5 botol aqua isi 1,5 Lt.
Terakhir.., akan tampak gelembung2 air di dalam botol, semakin lama semakin halus/ kecil-kecil.
Setelah tidak ada penurunan permukaan air di dalam botol, angkatlah botol, air radiator sudah terisi penuh.
Pasangkan kembali tutup radiator, tidak usah takut, karna sudah tidak ada uap/ air yg panas.
Dengan cara seperti ini, tak perlu menunggu lama mendinginkan mesin, hanya untuk mengisi air radiator.
Temperatur mesin akan langsung tampak menurun drastis dan aman untuk mesin.
Catatan:
Ingat, jangan mengisi air radiator dalam keadaan mesin mati saat temperatur mesin tinggi.
Jangan lakukan modifikasi pada tutup radiator, misalnya menambahkan karet pada tutup radiator/ tidak standart, akibatnya uap/ air panas radiator bisa tiba-tiba menyembur bertekanan tinggi, saat ingin mengeluarkan uap panas dalam kondisi mesin bertemperatur tinggi (dari pengalaman).
Belilah tutup radiator original, karna karet-karetnya terbuat dari bahan yg bagus/ tidak mengeras.
Translate / Pilih Bahasa :
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular Articles (See too) :
-
Daftar Harga Knalpot Motor : R9, AHRS, Nob1, Daytona, TDR, Racing Harga Knalpot Motor - Selamat datang para modifikator motor. Lagi b...
-
KELEBIHAN SISTEM PENGISIAN IC REGULATOR DIBANDING SISTEM PENGISIAN REGULATOR MEKANIK Kelebihan sistem pengisian generator AC (alternato...
-
Rem tromol Rem terdiri dari beberapa jenis, diantaranya berdasarkan konstruksinya yang terdiri dari rem cakram dan rem tromol . Un...
-
Korek Mesin Balap Jupiter-Z 115cc 1. Klep Grand 23mm (in) Klep Mio 20mm (out) Unntuk panjang klep tersebut sama dengan klep aslin...
-
CARA MEMASANG OIL SEAL / OLI SIL Oil seal / oli sil adalah komponen penyekat oli. sesuai dengan namanya, komponen ini berfungsi ...
-
Teknologi DTS-i (Digital Twin Spark-ignition) adalah merupakan suatu teknologi pada mesin yang dikembangkan secara khusus dan eksklusif ole...
-
Pengertian & Fungsi Knock Sensor Mobil - Knock sensor adalah sebuah sensor yang dipasangkan dikepala silinder,dapat bekerja dikarenaka...
-
Semua kendaraan pastinya dilengkapi dengsn suspense yang mempunyai fungsi sebagai peredam kejutan yang terjadi akibat guncangan yang ...
-
CARA KERJA TURBOCHARGER, SUPERCHARGER DAN INTERCOOLER Berikut adalah cara kerja turbocharger dan supercharger dan perbedaanya. Seb...
-
Daftar Ukuran Diameter Klep Suzuki cara mengukur diameter klep Berikut data diameter klep Suzuki. Satria FU = 22/19 mm Smash...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar