Ini dari pengalaman waktu mobil saya sering mengalami temperatur tinggi terutama pada saat kemacetan lalu lintas. Pengisian air dalam keadaan mesin kendaraan hidup dan temperatur mesin tinggi/ overheat.
Ambil kain lap kanebo, dan juga siapkan 3 botol plastik aqua 1,5 Liter
Basahi dengan air, jangan diperas
Siap menutup dengan kain kanebo, tutup radiator
Kain kanebo sudah menutupi tutup radiator, yakinkan kanebo sudah menutup baik, untuk menghindari semburan uap panas
putar sedikit tutup radiator, sampai muncul semburan uap panas
angkat buru-buru tangan dari tutup radiator.., biar ga kepanasan ^_^
Setelah uap panas mereda/ hilang, putar sedikit lagi tutup radiator, lakukan dengan perlahan, sampai muncul lagi uap panas yg keluar.
Buru-burulah angkat tanganmu, biar tak terkena uap panas.
Setelah tak ada uap panas yg keluar, putar tutup radiator secara perlahan dan hati-hati
bukalah tutup radiator
Secepatnya isikan air radiator dengan memasukkan moncong/ ujung botol aqua langsung kedalam lubang pengisian radiator
Tampak dari samping
Seperti inilah cara mengisi airnya, jangan takut bila dibotol aqua menggelegak saat pengisian
Bila air di botol habis, gantilah secepatnya dengan botol yg terisi penuh. Lakukan terus setiap botol kosong. Biasanya memerlukan sekitar 2,5 botol aqua isi 1,5 Lt.
Terakhir.., akan tampak gelembung2 air di dalam botol, semakin lama semakin halus/ kecil-kecil.
Setelah tidak ada penurunan permukaan air di dalam botol, angkatlah botol, air radiator sudah terisi penuh.
Pasangkan kembali tutup radiator, tidak usah takut, karna sudah tidak ada uap/ air yg panas.
Dengan cara seperti ini, tak perlu menunggu lama mendinginkan mesin, hanya untuk mengisi air radiator.
Temperatur mesin akan langsung tampak menurun drastis dan aman untuk mesin.
Catatan:
Ingat, jangan mengisi air radiator dalam keadaan mesin mati saat temperatur mesin tinggi.
Jangan lakukan modifikasi pada tutup radiator, misalnya menambahkan karet pada tutup radiator/ tidak standart, akibatnya uap/ air panas radiator bisa tiba-tiba menyembur bertekanan tinggi, saat ingin mengeluarkan uap panas dalam kondisi mesin bertemperatur tinggi (dari pengalaman).
Belilah tutup radiator original, karna karet-karetnya terbuat dari bahan yg bagus/ tidak mengeras.
Translate / Pilih Bahasa :
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular Articles (See too) :
-
Masih ingat Back to the Future II bro? ingat papan skateboardnya Marty McFly? Sekarang sudah ada yang buat replikanya. Hoverboard ad...
-
Cara supaya motor lebih kencang larinya Ada cara mudah tanpa biaya dan lumayan menjadikan motor tambah kenceng yakni arus pengapian ...
-
Setting Karburator Jupiter Pasca Reamer Skep GL100 [Update] karburator Jupiter VM16 reamer skep GL100 Menyetel karburator setel...
-
Daftar Ukuran Diameter Klep Suzuki cara mengukur diameter klep Berikut data diameter klep Suzuki. Satria FU = 22/19 mm Smash...
-
Cara darurat Mengatasi/Mengakali Baut Pembuangan Oli Slek/Aus/Dol Problem lubang baut slek atau aus disebabkan kerapkalinya...
-
saya membeli senapan angin Bramasta dan tele Hakko, 4x20, pada tahun 1993, karena sudah 3x motor saya hampir di angkat orang/ maling. Awalny...
-
wedeh berapa yah ongkosnya ? ntar deh kapan – kapan gue coba naik .. :hehe:
-
1. Untuk semua baut yang sudah aus atau gundul, sehingga tidak bisa dibuka dengan menggunakan kunci. Misalnya baut neple rem roda depan, sud...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar