Ini dari pengalaman waktu mobil saya sering mengalami temperatur tinggi terutama pada saat kemacetan lalu lintas. Pengisian air dalam keadaan mesin kendaraan hidup dan temperatur mesin tinggi/ overheat.
Ambil kain lap kanebo, dan juga siapkan 3 botol plastik aqua 1,5 Liter
Basahi dengan air, jangan diperas
Siap menutup dengan kain kanebo, tutup radiator
Kain kanebo sudah menutupi tutup radiator, yakinkan kanebo sudah menutup baik, untuk menghindari semburan uap panas
putar sedikit tutup radiator, sampai muncul semburan uap panas
angkat buru-buru tangan dari tutup radiator.., biar ga kepanasan ^_^
Setelah uap panas mereda/ hilang, putar sedikit lagi tutup radiator, lakukan dengan perlahan, sampai muncul lagi uap panas yg keluar.
Buru-burulah angkat tanganmu, biar tak terkena uap panas.
Setelah tak ada uap panas yg keluar, putar tutup radiator secara perlahan dan hati-hati
bukalah tutup radiator
Secepatnya isikan air radiator dengan memasukkan moncong/ ujung botol aqua langsung kedalam lubang pengisian radiator
Tampak dari samping
Seperti inilah cara mengisi airnya, jangan takut bila dibotol aqua menggelegak saat pengisian
Bila air di botol habis, gantilah secepatnya dengan botol yg terisi penuh. Lakukan terus setiap botol kosong. Biasanya memerlukan sekitar 2,5 botol aqua isi 1,5 Lt.
Terakhir.., akan tampak gelembung2 air di dalam botol, semakin lama semakin halus/ kecil-kecil.
Setelah tidak ada penurunan permukaan air di dalam botol, angkatlah botol, air radiator sudah terisi penuh.
Pasangkan kembali tutup radiator, tidak usah takut, karna sudah tidak ada uap/ air yg panas.
Dengan cara seperti ini, tak perlu menunggu lama mendinginkan mesin, hanya untuk mengisi air radiator.
Temperatur mesin akan langsung tampak menurun drastis dan aman untuk mesin.
Catatan:
Ingat, jangan mengisi air radiator dalam keadaan mesin mati saat temperatur mesin tinggi.
Jangan lakukan modifikasi pada tutup radiator, misalnya menambahkan karet pada tutup radiator/ tidak standart, akibatnya uap/ air panas radiator bisa tiba-tiba menyembur bertekanan tinggi, saat ingin mengeluarkan uap panas dalam kondisi mesin bertemperatur tinggi (dari pengalaman).
Belilah tutup radiator original, karna karet-karetnya terbuat dari bahan yg bagus/ tidak mengeras.
Translate / Pilih Bahasa :
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular Articles (See too) :
-
Modifikasi Suzuki Shogun (Foto:Arief modification) Modifikasi Suzuki Shogun lansiran 2004 ini diilhami dari kendaraan perang masa depa...
-
CARA MENINGKATKAN TENAGA MESIN Kebanyakan mobil telah memiliki spesifikasi tenaga mesin standar. Namun, Terkadang sebagian pemilik...
-
Mekanisme Penggerak Kat up Mekanisme penggerak katup Identifikasi Mekanisme penggerak katup adalah seluruh komponen yang bekerja meng...
-
saya membeli senapan angin Bramasta dan tele Hakko, 4x20, pada tahun 1993, karena sudah 3x motor saya hampir di angkat orang/ maling. Awalny...
-
Ini dari pengalaman waktu mobil saya sering mengalami temperatur tinggi terutama pada saat kemacetan lalu lintas. Pengisian air dalam keadaa...
-
New Yamaha Byson 2013 Yamaha di Indonesia beberapa waktu luncurkan generasi tiap varian dengan warna ala motoGP. Cuma hanya ada d...
-
Modifikasi Yanaga Byson (Foto: Maz Prazt ) Modifikasi motor tidak hanya terpaku pada satu pekerjaan atau golongan. Seorang anggota ...
-
Sejak tahun 1949 NIPPONDENSO telah memproduksi beberapa jenis dan ukuran starter untuk berbagai jenis mein .dari mesin mesin bensin kecil...
-
Cara Mengganti Baljoint Trooper Double Wisbone Mengganti ball joints atas dan bawah Trooper, alat alat yang dibutuhkan Ok mari mulai ...
-
Modifikasi Yamaha RX-100 Yang Belum Jadi - Hari ini Admin mau share tentang modifikasi motor sendiri, mungkin ada yang mau dijadiin ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar