Berikut adalah tips jitu untuk mengirit konsumsi BBM di motor anda.
1. Memasang Power Booster
Trik paling gampang untuk menghemat bensin adalah dengan cara memperbesar pengapian. Hal ini berlaku untuk motor 2 tak dan 4 tak. Dengan memperbesar api/tegangan, otomatis bahan yang diletup busi makin sempurna terbakar. Singkatnya bersih tak tersisa, jadi tidak perlu membuka gas besar untuk mendapatkan tenaga spontan. Bagaimana caranya? Pasang saja power booster, alat ini dapat dibeli di toko-toko onderdil.
2. Setel Ulang Pelampung
Jumlah bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar akan ditampung dulu oleh karburator. Kalau pada saat itu saja sudah boros mensuplay bensin, mana bisa disebut irit. Agar motor makn irit dan tidak mempengaruhi tenaga, turunkan ketinggian pelampung karburator 1-2 mm, dijamin konsumsi bensin akan lebih irit.
3. Bikin LSA (Lobe Separation Angle) Lebih Sempit
Cara ini berfungsi untuk motor 4 tak yang sudah pernah dikorek (setingan balap). Pasalnya, untuk mengungkit tenaga di putaran atas, lobe separation angle (LSA) dibuat lebih renggang. Otomatis bukaan makin lama dan bensin akan boros. Supaya tidak boros sekali, kecilkan sudut LSAnya. Dengan sudut yang kecil bukaan klep tidak akan terlalu lama sehingga bensin tadi tidak banyak mengalir ke ruang bakar.
4. Bikin Rapat Setelan Klep
Khusus motor 4 tak, cara yang dapat digunakan yaitu dengan mengubah setelan klep. Karena perangkat inilah yang mengatur campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar. Dengan merapatkan setelan klep standar, otomatis bukaan valve juga menyempit. Semburan bensin akan menjadi sedikit.
5. Membersihkan Kerak
Adanya kerak sangat merugikan baik dalam proses pembakaran ataupun pembuangan. Jika ada diseher, silinder kop atau klep, mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna. Campuran udara dan bensin tidak dapat terbakar semuanya gara-gara kerak. Dampaknya, bensin dan udara yang tersalur ke ruang bakar boros. Kerak tidak hanya menempel pada bagian itu, kerak juga dapat menumpuk pada knalpot yang mengakibatkan pembuangan gas tidak lancar.
6. Manifold Berkisi-kisi
Sebagai saluran masuk udara dari karbu ke ruang bakar, leher angsa (manipol) juga mampu menghemat BBM, yaitu bentuk manifold yang berkisi-kisi. Kisi-kisi ini akan membuat pusaran udara sehingga campuran bensin dan udara makin homogen sehingga pembakaran akan menjadi sempurna.
7. Gunakan Oli berkualitas
Pelumas yang berkualitas jelek akan dapat membuat motor kita makin haus bensin. Kenapa? Karena oli yang tidak berkualitas membua gesekan antara material kian banyak, suhu melonjak tinggi, kerja dapur pacu makin berat dan akhirnya konsumsi bensin akan boros. Paling aman sih memakai oli anjuran dari pabrik.
8. Busi Lebih Panas
Jika temperatur di lingkungan makin dingin, suhu kerja mesin akan sulit pada kondisi ideal. Jadi membutuhkan banyak bahan bakar untuk mencapai kondisi yang ideal. Untuk mengatasinya dianjurkan memakai busi yang lebih panas dari standar. Misalnya anda biasa memakai busi denso ND24, turunkan menjadi DN22. dengan demikian, tidak membutuhkan waktu lama bagi motor untuk menuju suhu kerja optimalnya.
Translate / Pilih Bahasa :
Senin, 18 Maret 2013
Cara Agar Sepeda Motor Menjadi Semakin Irit BBM
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular Articles (See too) :
-
CARA MENINGKATKAN TENAGA MESIN Kebanyakan mobil telah memiliki spesifikasi tenaga mesin standar. Namun, Terkadang sebagian pemilik...
-
Daftar Ukuran Diameter Klep Kawasaki cara mengukur diameter klep Berikut data diameter klep Kawasaki. Kaze VR = 21/24 mm B...
-
BMW 318i Spesifikasi, Harga dan Perawatan www.mobilku.org - BMW 318i merupakan jenis mobil sedan dari BMW yang dikeluarkan an...
-
Pilot Jet dan Main Jet (Spuyer) Standar Motor Yamaha pilot jet & main jet Jupiter Z Berikut daftar pilot jet dan main jet (s...
-
Pilot Jet dan Main Jet (Spuyer) Standar Motor Kawasaki main jet & pilot jet Berikut daftar pilot jet dan main jet (spuyer) ...
-
Komponen Sistem Pendingin Air - Berbeda dengan sistem pendingin udara, pada sistem pendingin air jumlah komponennya lebih banyak. Pada u...
-
Sistem Penyaluran Udara Udara di dalam Mesin Diesel digunakan untuk pembakaran bahan bakar ( solar). Kabut solar dicampur dengan udar...
-
Modifikasi Yanaga Byson (Foto: Maz Prazt ) Modifikasi motor tidak hanya terpaku pada satu pekerjaan atau golongan. Seorang anggota ...
-
Kelebihan Mesin dengan Kemiringan Silinder 42º Mesin yang memiliki kemiringan silinder 42º, atau mendekati 45º memiliki semua ke...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar